CARA MENENTUKAN TOPIK UNTUK JURNAL PENELITIAN

Setelah adanya peraturan Menteri Pendidikan tentang tidak wajibnya skripsi untuk syarat kelulusan di Perguruan Tinggi, maka banyak prestasi yang dapat diraih mahasiswa untuk menjadi syarat kelulusan dan dapat diakui sebagai prestasi akademik.


Beberapa Perguruan Tinggi menerapkan pengganti skripsi salah satunya adalah menerbitkan jurnal ilmiah di SINTA. Nah untuk mahasiswa yang berniat menerbitkan jurnal penelitian di Jurnal Terakreditasi Nasional tentu langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan topik penelitian yang sesuai. Bagaimanakah cara menentukan topik penelitian? Berikut ini tips yang bisa kalian terapkan.

Sumber: Google.com


1. Tentukan Tujuan Penelitian

Dengan memahami tujuan penelitian yang akan dilakukan, maka akan lebih mudah untuk menentukan topik penelitian apa yang harus diambil. Contoh, jika pembimbing menyarankan untuk mengambil topik penelitian Akuntansi Keuangan Perusahaan atau Akuntansi Keuangan Pemerintahan. Maka sebaiknya kalian mencari topik sesuai dengan arahan dosen pembimbing.


2. Pilih Topik yang sesuai dengan minat dan jurusan
Seperti halnya poin pertama, meskipun sesuai dengan arahan dosen pembimbing, pastikan juga sesuai dengan jurusan kuliah yang kalian ambil. Contoh: Kalian mengambil kuliah jurusan Akuntansi Keuangan, akan tetapi dosen pembimbing justru menyarankan kamu mengambil topik penelitian Akuntansi Perpajakan. Jika terdapat perbedaan sepeti itu, apa yang sebaiknya dilakukan mahasiswa?

Saran saya, sebagai mahasiswa kalian dapat mendiskusikan hal tersebut kepada dosen pembimbing dengan cara yang sopan tentunya. Ungkapkan kepada dosen pembimbing bahwa sebenarnya kalian mengambil jurusan Akuntansi Keuangan, apakah bisa topik penelitian mengambil sesuai jurusan?

3. Cari Referensi Terbaru
Setelah mendiskusikan tentang topik penelitian kepada dosen pembimbing, selanjutnya carilah referensi maksimal 5 tahun terakhir sebagai bahan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya. Jika sudah mendapatkan banyak referensi terkait bahan untuk penelitia, maka selanjutnya BACALAH semua jurnal referensi yang kamu cari. Dari membaca jurnal penelitian terdahulu tersebut, kalian akan mendapatkan banyak insight terkait langkah penelitianmu selanjutnya.

4. Konsultasikan dengan Dosen Pembimbing
Konsultasikan topik penelitian dan jurnal referensi yang kalian tertarik untuk menjadikan penelitian selanjutnya. Konsultasi kepada dosen pembimbing akan menentukan arah penelitian kalian selanjutnya.

Gimana? Semoga mendapat banyak insight ya dari blog ini. Semangat Penelitian

Uswatun Khasanah Katasmir

Post a Comment

0 Comments