APA ITU LAPORAN KEUANGAN

Laoran Keuangan itu terdiri dari Lima Macam Laporan, Apa itu?

Setelah aku jelaskan sebelumnya tentang Apa itu akuntansi dan laporan keuangan di artikel sebelumnya https://www.uswatunieq.com/2021/04/pengertian-akuntansi-laporan-keuangan-idx-saham.html, Kali ini aku akan membahas tentang Laporan ekuangan secara lebih detail terutama terkait Lima macam Laporan Keuangan yaitu:

  1. Laporan Posisi Keuangan (Laporan Neraca).
  2. Laporan Laba Rugi.
  3. Laporan Perubahan Modal.
  4. Laporan Arus Kas.
  5. Catatan Atas Laporan Keuangan.


Laporan Posisi Keuangan

Laporan ini menjadi laporan utama yang akan kalian baca saat pertama kali membuka laporan keuangan. Laporan ini menunjukkan posisi keuangan Perusahaan yang menjelaskan tentang total harta, hutang, dan modal yang dimiliki oleh perusahaan. Semua harta, hutang, dan modal kepemilikan perusahaan wajib dicatatkan di dalam Laporan Posisi Keuangan. 

Laporan posisi keuangan ini menunjukkan kesehatan sebuah perusahaan yang dapat dilihat dari perbandingan hutang dan modal perusahaan dengan total harta yang dimiliki oleh perusahaan. Untuk melihat kesehatan perusahaan sendiri terdapat beberapa cara yang akan aku jelaskan di artikel artikel berikutnya mengenai analisis laporan keuangan perusahaan.

Laporan Laba Rugi

Laporan ini menjadi salah satu laporan yang penting dilihat bagi para investor. Karena sesuai dengan namanya, Laporan ini menunjukkan aktifitas perusahaan terkait menghasilkan Laba Perusahaan. Semua pendapatan dan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dijelaskan dalam Laporan Laba Rugi ini. 

Jika kamu adalah investor saham, maka Laporan ini adalah salah satu yang perlu kalian pelajari sebelum memutuskan untuk investasi di Perusahaan yang kamu pilih. Terdapat beberapa analisis profitabilitas yang bisa kamu lakukan sebelum melakukan investasi dan beberapa cara membaca Laporan Laba Rugi ini yang nanti akan aku share di srtikel artikel berikutnya.

Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan Modal ini salah satu yang perlu kalian baca terkait analisis Laporan Keuangan Perusahaan karena dalam Laporan ini dijelaskan arus modal perusahaan dan saham yang dimiliki perusahaan. Jika perusahaan tersebut adalah perusahaan terbuka, maka kamu bisa melihat berapa saham yang beredar beserta harganya serta berapa saham yang dimiliki oleh pemilik perusahaan atau perusahaan induk.

Laporan Arus Kas

Laporan Arus Kas ini adalah laporan yang jarang sekali tersentuh oleh para investor karena Laporan Arus Kas ini salah satu laporan yang tidak mudah dipahami. Tapi untuk kamu yang ingin mengetahui tentang rincian dari pendapatan perusahaan, maka Laporan Arus Kas ini adalah Laporan yang wajib kamu lihat.

Laporan Arus Kas menjelaskan tentang pendapatan dan pengeluaran perusahaan dengan tiga pembagian yaitu: Aktivitas Operasi, Aktivitas Investasi, dan Aktivitas Pendanaan. Dari pembagian ini kamu sebagai pengguna laporan keuangan dapat melihat mana yang menyumbang pendapatan paling besar untuk perusahaan. Perusahaan dianggap baik jika Aktivitas Operasi menyumbang Pendapatan tertinggi yang didapat oleh perusahaan. 

Catatan Atas Laporan Keuangan

Catatan atas Laporan Keuangan yang selanjutnya disebut CALK ini adalah bagian penting dari Laporan Keuangan karena semua penjelasan yang kamu butuhkan terkait perusahaan dijelaskan secara rinci dalam CALK. Mulai dari sejarah perusahaan hingga seluruh detail dari laporan keuangan yang sebelumnya.

Uswatun Khasanah Katasmir

Post a Comment

0 Comments