APA ITU AKUNTANSI DAN LAPORAN KEUANGAN?

Akuntansi adalah seni, Benarkah?

Masa pandemi ini membuat banyak dari kita yang mulai mencari tahu tentang keuangan dengan segala rinciannya. Apalagi banyak media nasional yang mengangkat tema harian tentang saham dan investasi yang banyak dipilih di masa pandemi. Tentang perusahaan yang banyak merumahkan karyawan atau harga saham yang anjlok di masa pandemi.


Kondisi perusahaan yang bergejolak di masa pandemi ini tentu saja membuat kita bertanya - tanya. Bagaimana cara melihat kondisi perusahan dan bagaimana cara memprediksi masa depan perusahaan? Apa penyebab sebuah perusahaan merugi dan laba pada tahun tertentu? Semua pertanyaan ini tentu saja banyak muncul di kepala orang awam. Apa yang bisa menunjukkan kondisi perusahaan? Jawabannya adalah LAPORAN KEUANGAN.


Jadi, Apa itu Laporan Keuangan?

Laporan Keuangan adalah Laporan yang menjelaskan tentang kondisi keuangan sebuah perusahaan. Laporan yang berisi tentang harta, hutang, dan kepemilikan sebuah perusahaan, Laporan yang berisi tentang kinerja pada masa tertentu sedang laba atau rugi, Laporan tentang kepemilikan modal perusahaan, serta Laporan arus uang perusahaan. Semua itu tercermin dalam sebuah Laporan Keuangan secara detail dan rinci serta segala perubahan strutural perusahaan juga terdeskripsikan di dalamnya.


Jika boleh diibaratkan, Laporan keuangan adalah sebuah Lukisan. Lukisan yang menggambarkan kondisi keuangan perusahaan. Jika kalian ingin tahu Moalisa seperti apa, kita bisa melihat cerminannya dari lukisan Monalisa. Begitulah Laporan Keuangan pada sebuah perusahaan. Laporan Keuangan adalah Lukisan yang dibuat dengan mencerminkan kondisi keuangan perusahaan.


Lalu Akuntansi mengambil peran apa dalam Laporan Keuangan?

Akuntansi adalah proses pembuatan Laporan Keuangan tersebut. Laporan Keuangan yang secara rinci berhasil menunjukkan kondisi perusahaan tidak dibuat begitu saja. Ada ilmunya tentang bagaimana Laporan Keuangan itu dibuat, Bagaimana Laporan Keuangan itu dianalisis, itu adalah peran Akuntansi.


Akuntansi itu seperti melukis. Seorang pelukis yang ingin menggambarkan seekor harimau. Pelukis itu melihat harimau itu beserta segala kegiatannya, lalu mengambil potret terbaik yang ingin diaplikasikan pada lukisannya. Proses melukis itu adalah Akuntansi, hasil lukisannya adalah Laporan Keuangan.


Apakah Proses Akuntansi atau pembuatan laporan Keuangan itu bisa digantikan posisinya oleh komputer atau Orang tanpa ilmu Akuntansi?

Ya, Bisa. Dengan Syarat orang yang mengerjakan proses tersebut mengerti pakem dasar atau aturan dasar akuntansi tentang Balancing, dll. Ada proses yang bernama penjurnalan. Proses ini adalah proses Kunci kenapa pengerjaan Laporan Keuangan HARUS dikerjakan oleh ORANG YANG MEMAHAMI DASAR DASAR AKUNTANSI.


Laporan Keuangan itu seperti apa?

Contohnya bisa kalian download di laman berikut ini:

https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan/

Disana banyak laporan keuangan yang bisa di download secara gratis. 


Uswatun Khasanah S.E., M.SA

www.uswatunieq.com

Post a Comment

0 Comments