VITAMIN C, APA ITU?

Vitamin C menjadi ingredients favourite yang banyak digunakan dalam skincare. Apakah favoritmu juga?

Kupas skincare kali ini masih tentang vitamin yang digunakan sebagai bahan skincare. Setelah Vitamin A dan Vitamin B yang bisa kalian baca di Kupas ingredients sebelumnya. Kali ini aku akan membahas tentang Vitamin C. Kenapa Vitamin C banyak digunakan sebagai bahan skincare? Baca terus ya.. 




Apa itu Vitamin C?

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang banyak digunakan manusia dan banyak dikonsumsi. Vitamin ini adalah salah satu jenis vitamin yang mudah larut dalam air dan berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu menangkal efek buruk dari radikal bebas. Vitamin ini juga dikenal dengan nama asam askorbat sebagai bentuk utamanya.


Baca Juga: WAJIB TAHU! VITAMIN YANG PENTING UNTUK KULIT


Sumber Vitamin C alami

Kita semua tentu sudah banyak mengetahui tentang sumber Vitamin C alami dari buah buahan yaitu:

  1. Jambu Biji
  2. Jeruk


Manfaat Vitamin C

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa Vitamin C baik untuk kesehatan manusia terutama dalam meningkatkan daya tahan tubuh sehingga imunitas kita mampu melawan bakteri dan virus yang masuk. Tapi untuk penggunaan vitamin C dalam skincare, manfaatnya adalah:

  1. Mencerahkan kulit wajah.
  2. Mengurangi kemerahan pada wajah.
  3. Mengatasi Hiperpigmentasi kulit.
  4. Merawat kulit dari kerusakan sinar matahari.
  5. Meningkatkan produksi kolagen di kulit.


Kadar kandungan Vitamin C yang aman

Jika kalian tertarik untuk menggunakan serum Vitamin C dengan konsentrasi tinggi, tentu kalian perlu memperhatikan tingkat konsentrasi dalam sebuah serum Vitamin C. Sebaiknya kalian memilih kandungan Vitamin C antara 10% - 20% karena ini sudah efektif untuk memberikan manfaat terbaik di kulit kita. 


Catatan: Kalian perlu berhati hati jika menggunakan skincare Vitamin C dengan konsentrasi lebih dari 20% karena rawan mengalami iritasi kulit.


Penggunaan Vitamin C

Vitamin C sebagai salah satu Vitamin yang mudah larut dengan air sehingga memudahkan vitamin ini dikonsumsi dalam berbagai cara. Berikut ini pilihan penggunaan Vitamin C:

    1. Konsumsi langsung.

Mengkonsumsi Vitamin C secara langsung bukan hal yang tabu karena produk Vitamin C sudah banyak beredar di apotik atau minimarket. Vitamin C bisa dikonsumsi sebagai daily vitamin kita dan dosis yang bisa dikonsumsi bermacam macam. Mulai dari 500mg hingga 1000mg per hari. 


Kalian perlu berhati hati sebelum mengkonsumsi Vitamin C ini secara langsung karena sifatnya yang asam bisa melukai lambung terutama untuk kalian yang memiliki gejala maag akut. Kalian bisa memilih Vitamin C yang non asam tapi tentu dengan harga yang lebih mahal.


     2. Injeksi

Banyak sekali salon kecantikan yang menawarkan injeksi Vitamin C. Untuk kalian yang menginginkan kulit putih, memang injeksi dianggap pilihan yang lebih cepat dan efektif karena hasilnya terlihat sangat signifikan. Tapi kalian perlu berhati hati jika melakukan injeksi Vitamin C karena ini akan memperberat kerja ginjal. Disarankan setelah melakukan injeksi vitamin C ditambah konsumsi air putih hariannya untuk membantu meringankan kerja ginjal.

 

      3. Penggunaan luar atau skincare.

Seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya bahwa penggunaan Vitamin C sebagai skincare juga dianggap efektif membantu menyempurnakan penampilan kulit terutama kulit wajah. Dengan konsentrasi skincare yang pas dan dapat diterima kulit, wajah akan mendapatkan manfaat yang optimal dari penggunaan skincare dengan bahan Vitamin C ini.


Efek samping

Jika kalian ingin menggunakan skincare dengan kandungan Vitamin C, pastikan bahwa konsentrasi Vitamin C di dalam skincare tersebut sesuai dengan kebutuhan kulit sehingga mengurangi efek negatif yang akan terjadi, yaitu:

  1. Iritasi
  2. Menimbulkan bercak kemerahan
  3. Memperberat kerja ginjal (untuk penggunaan injeksi)
  4. Melukai lambung (konsumsi langsung).


Produk dengan kandungan Vitamin C

Berikut ini beberapa serum Vitamin C yang bisa kalian gunakan:
  1. Sensatia Botanicals Acne Clarifying Facial C-Serum.
  2. Garnier Light Complete Vitamin C 30x Booster Serum.
  3. Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop.

Baca Juga: WAJIB TAHU! VITAMIN YANG PENTING UNTUK KULIT


Uswatun Khasanah Katasmir

uswatunieq.com 

Post a Comment

0 Comments