KULIAH AKUNTANSI, HARUS PANDAI BERHITUNG?

 Orang Akuntansi pasti pintar berhitung.

 

Beberapa tahun terakhir adalah tahun yang banyak exposure pada pengetahuan tentang keuangan dan akuntansi sehingga banyak sekali yang tertarik untuk mempelajari akuntansi dan berencana untuk melanjutkan kuliah di bidang akuntansi.

Baca Juga: WAJIB TAHU! VITAMIN YANG PENTING UNTUK KULIT



Beratkah kuliah akuntansi?

Sejujurnya, tidak ada yang berat jika kamu menyukai menghitung uang atau berhitung dengan uang. Akuntansi tidak selalu tentang uang tapi akuntansi belajar bagaimana cara memanage atau mengatur uang sebuah perusahaan. Mencatat setiap kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan transaksi sehingga kita semua bisa mengetahui kinerja keuangan perusahaan secara spesifik tapi juga bisa diterapkan untuk pribadi.


Kuliah Akuntansi yang dipelajari apa saja?

Akuntansi mempelajari banyak tentang Laporan Keuangan, Bagaimana cara membuat Laporan Keuangan? Bagaimana cara audit laporan keuangan? Bagaimana Cara menyesuaikan laporna keuangan dengan Pajak? Jadi yang banyak dipelajari adalah:
  1. Perusahaan
  2. Laporan Keuangan
  3. Auditing
  4. Taxation

Pekerjaan lulusan akuntansi apa sih?

Banyak sekali pilihan pekerjaan yang bisa dipilih oleh seorang lulusan akuntansi. Untuk freshgraduate bisa bekerja di perusahaan baik UMKM atau perusahaan bonafide. Karena sekarang setiap perusahaan atau usaha diharapkan memiliki satu orang akuntan. Pilihan lainnya bisa dengan menjadi auditor. Tentu untuk seorang freshgraduate harus menjalani menjadi junior auditor, lalu lanjut sebagai senior auditor, dan seterusnya. Menjadi internal auditor perusahaan juga bisa menjadi pilihan yang baik bagi seorang lulusan akuntansi. Dan jangan lupa juga pilihan lain yang masih satu rumpun yaitu menjadi bankir, bekerja di kantor pajak, dan Konsultan keuangan atau pajak atau manajemen. Banyak sekali pilihannya kan?

Apakah kuliah akuntansi berat?

Kuliah dimanapu dan jurusan apapun tentu saja harus dijalani dan dikerjakan tugasnya. Berat atau tidak? Itu semua relative karena jika kalian memahami dan memiliki rasa penasaran terhadap akuntansi beserta semua mata kuliah yang akan dipelajari, maka tidak akan ada yang berat. Tugas yang paling diberikan untuk kuliah sarjana adalah "how to create financial accounting". Tentang jurnal, buku besar, dan seterusnya. 


Gelar sarjana Akuntansi apa?

Gelar yang baru saja diperbarui untuk Sarjana Akuntansi adalah S.Ak. Sebelumnya gelar Sarjana Akuntansi masih S.E.

Untuk kalian yang ingin bertanya seputar akuntansi, bisa langsung comment di artikel ini ya, nanti akan aku jawab di artikel selanjutnya.

Uswatun Khasanah Katasmir

Post a Comment

0 Comments