SKINCAREKU MENGANDUNG ALCOHOL, BAGUS GA YA?

Alcohol membuat wajahku kering, benarkah?


Salah satu bahan atau ingredients skincare yang cukup banyak dipertanyakan oleh para wanita pengguna skincare adalah Alcohol. Padahal Alcohol memiliki banyak fungsi dalam sebuah skincare. Kali ini stay sebentar dan kita kupas ingredients kontroversial ini.



Alcohol membuat kulit kering.

Sebelum menjelaskan tentang pernyataan diatas, perlu kalian tahu bahwa alcohol yang digunakan sebagai ingredients skincare ada beragam macamnya. Salah satunya adalah Ethanol. Ethanol ini juga sering digunakan sebagai campuran minuman keras, hand sanitizer, nail polish remover, dll. Jenis Alcohol inilah yang mmembuat kulitmu kering karena sifatnya yang menguras minyak di kulit dan memiliki waktu penguapan yang cepat dibandingkan beberapa jenis alcohol lainnya..


Baca Juga: WAJIB TAHU! VITAMIN YANG PENTING UNTUK KULIT


Jenis Alcohol yang baik untuk kulit

Berikut ini rangkuman beberapa jenis alcohol beserta manfaatnya:

1. Ethanol

Jenis Alcohol ini memiliki nama lain cisopropyl Alcohol, dan etyl Alcohol. Alcohol jenis ini biasanya digunakan sebagai bahan yang membantu penyerapan produk ke dalam kulit. Sifatnya yang cepat menyerap dan dapat menghilangkan kadar minyak di wajah membuat kamu erlu berhati hati ketika menggunakan alcohol jenis ini. Pada jenis kulit tertentu, Ethanol dapat menyebabkan kulit kering dan kerusakan kulit untuk yang tidak cocok.

2. Denat Alcohol

Jenis Denat Alcohol ini memiliki nama lain yaitu SD Alcohol, dan Isopropyl Alcohol. ALcohol jenis Denat ini biasa digunakan dalam sebuah produk sebagai pelarut dan menyatukan campuran beberapa kandungan lainnya. Alcohol jenis ini banyak ditemukan dalam produk skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sifatnya yang mampu menyerap air dan minyak dapatmembuat kulit menjadi dehidrasi sehingga merangsang tumbuhnya jerawat untuk kulit yang tidak cocok.

3. Stearyl Alcohol

Jenis alcohol ini salah satu Alcohol yang memiliki efek kurang baik untuk kulit. Fungsinya sebagai pencampur bahan dan pelarut memang baik digunakan dalam sebuah skincare. Akan tetapi, untuk kulit yang kurang cocok pada Alcohol, efeknya justru dapat menyumbat pori pori kulit sehingga menimbulkan wajah bruntusan dan jerawat.

4. Cetearyl Alcohol

Alcohol jenis ini digunakan sebagai pengemulsi dalam sebuah produk skincare. Alcohol jenis ini kandungannya banyak diambil dari tumbuhan sehingga dianggap lebih aman dibandingkan beberapa jenis Alcohol sebelum ini. Alcohol jenis ini biasa digunakan untuk campuran cream atau lotion. Efek positif yang bisa didapatkan dari campuran Alcohol jenis ini adalah kulit lebih lembab dan mengurangi iritasi yang terjadi di kulit.

5. Cetyl Alcohol

Alcohol ini didapatkan dari Palm oil dan biasanya digunakan sebagai pengemulsi, carrying agent, dan pengental dalam sebuah produk skincare. Alcohol ini tidak bersifat kering sehingga tida menimbulkan iritasi pada kulit. Cetyl Alcohol ini mampu melembabkan dan menyehatkan kulit.

6. Behenyl Alcohol

Alcohol jenis ini banyak digunakan sebagai pengental dalam sebuah produk skincare. Jenis ini juga sering ditemukan dalam produk skincare karena sifatnya yang aman dan tidak membuat kulit kering. Bahkan Alcohol ini dapat membuat kulit lebih halus, lembab, dan lembut.


coba cek produk skincare kalian sekarang, alcohol mana yang tertulis?


Baca Juga: WAJIB TAHU! VITAMIN YANG PENTING UNTUK KULIT


Uswatun Khasanah Katasmir

uswatunieq.com 

Post a Comment

0 Comments