Tantangan keuangan untuk Milenial

Berbicara tentang generasi milenial tentu menarik jika dibahas dari sudut pandang keuangan. Sebelum membahas tantangan keuangan bagi para milenial, sebaiknya kita berbicara tentang klasifikasi generasi milenial. Klasifikasi yang aku gunakan  berdasar pada Pew Research Center (2019) yang menjelaskan bahwa generasi milenial termasuk generasi dengan kelahiran 1981 - 1996. Jika sesuai dengan klasifikasi ini maka generasi milenial saat ini sedang berada di kisaran umur 46 sampai 28 tahun.

Source: Google


Sekarang mari kita membahas tentang tantangan yang dihadapi generasi milenial dalam hal keuangan. Berikut ini beberapa tantangan keuangan yang dihadapi generasi milenial saat ini:


Pendapatan yang tidak stabil

Perubahan peraturan pengangkatan karyawan dan diizinkannya karyawan dengan kontrak panjang menyebabkan banyak para milenial mayoritas bekerja di sektor informal atau gig economy. Banyak milenial yang menjadi karyawan kontrak tanpa diberikan kepastian kapan akan diangkat menjadi karyawan tetap. Hal ini juga berlaku bahwa menjadi karyawan kontrak juga memiliki kemungkinan kontrak kerja tidak diperpanjang. Ketidakpastian keuangan ini yang menyebabkan sulitnya generasi milenial untuk melakukan perencanaan keuangan jangka panjang (Wijayanti & Murni, 2019).


Source: Google

Tekanan sosial dan Konsumtif

Generasi milenial adalah salah satu generasi yang terpapar media sosial. Meski paparan media sosialnya tidak setinggi Generasi Z, tapi media sosial juga mempengaruhi tingkat konsumtif Generasi Milenial. Mudahnya pembeli untuk bertransaksi juga mempengaruhi pola konsumsi ini, dan jangan lupa terhadap pengaruh influencer. Promosi yang dilakukan influencer terhadap suatu barang tertentu atau suatu gaya hidup tertentu juga akan mempengaruhi perilaku penontonnya. Hal ini menyebabkan banyak Generasi milenial yang mengeluarkan uangnya secara berlebihan untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu mereka butuhkan. Keinginan untuk menjadi yang paling update terhadap tas terbaru hingga handphone terbaru membuat pola konsumtif semakin tinggi (Rahman & Amelia, 2019)


Harga Rumah yang tinggi

Source: Google
Seperti yang pernah ramai dibicarakan beberapa waktu lalu, diberitakan bahwa milenial tidak akan bisa memiliki rumah. Hal ini terjadi karena beberapa alasan, akan tetapi salah satu alasannya adalah harga rumah yang tinggi. Harga rumah yang tinggi ini menyebabkan banyak milenial enggan memiliki rumah dan lebih memilih menyewa rumah entah sampai kapan. Semakin tahun, harga rumah juga mengikuti inflasi yang terus meningkat (Santoso & Wulandari, 2020).


Kurangnya literasi keuangan

Meski sudah banyak influencer keuangan yang memberikan penjelasan tentang keuangan, akan tetapi dari studi yang dilakukan oleh Lestari & Ardiansyah (2020) menjelaskan bahwa literasi keuangan generasi milenial masih sangat rendah sehingga berpengaruh terhadap perilaku investasi mereka. Literais keuangan yang rendah akan menyebabkan salah memilih produk investasi atau tertarik pada investasi yang pada dasarnya tidak masuk akal.


Tekanan Keluarga

Banyak dari generasi milenial yang merupakan Generasi Sandwich. Generasi sandwich adalah generasi yang menanggung beban keuangan keluarga. Generasi sandwich ini merupakan generasi yang bukan hanya memiliki kewajiban untuk menghidupi diri sendiri, akan tetapi juga menanggung hidup orang tua dan saudara lainnya. Tekanan dari keluarga inilah yang akan berpengaruh pada keuangan generasi milenial (Mulyani & Handayani, 2019). Tanggungan keluarga membuat generasi milenial tidak mampu untuk menyisihkan uangnya untuk menabung.


Referensi:

Pew Research Center: Defining generations: Where Millennials end and Generation Z begins .

Wijayanti, R., & Murni, S. (2019). "Analisis Pengaruh Ekonomi Gig terhadap Stabilitas Pendapatan Generasi Milenial di Indonesia." Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 23(4), 345-359.

Rahman, A., & Amelia, R. (2019). "Dampak Media Sosial terhadap Pola Konsumtif Generasi Milenial di Indonesia." Jurnal Komunikasi dan Media, 12(2), 176-189.

Lestari, D., & Ardiansyah, F. (2020). "Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Keputusan Investasi pada Generasi Milenial di Indonesia." Jurnal Manajemen dan Keuangan, 18(1), 120-134

Mulyani, A., & Handayani, T. (2019). "Tanggung Jawab Keuangan Keluarga pada Generasi Milenial di Indonesia." Jurnal Keluarga dan Masyarakat, 11(2), 145-158.

Post a Comment

0 Comments