CARA CEPAT MENJADI SELEBGRAM DAN YOUTUBER

Menjadi selebgram dan youtuber sepertinya saat ini sudah menjadi cita-cita para remaja yang hidup di era digitalisasi saat ini. Para milenials yang lahir di era tahun 90-an pasti tidak menyangka pergeseran teknologi terasa begitu cepatnya, hingga membuat pergeseran budaya dan society sangat begitu terasa.



Sekitar 10 tahun yang lalu, anak lulusan SMP SMA ketika ditanya ingin menjadi apa? tentu mereka akan menjawab menjadi karyawan perusahaan BUMN dan sebagainya. Bahkan banyak juga yang berusaha untuk mengejar karier disana. Menjadi sebuah kebanggaan orang tua ketika anak-anaknya berhasil menembus perusahaan BUMN dan bekerja disana.


Akan tetapi, jika ditanya remaja sekarang. Ingin menjadi apa kamu ketika lulus nanti? Jawabannya tentu mayoritas akan berkata

aku ingin menjadi selebgram atau youtuber


Meskipun aku juga memahami bahwa mereka belum menyadari bahwa untuk menembus persaingan menjadi youtuber atau selebgram tidaklah mudah. Mungkin sama susahnya ketika harus belajar tes ujian CPNS atau masuk BUMN.


Ceritaku menjadi blogger

Pembaca setia blog www.uswatunieq.com pasti tahu bahwa aku memulai menjadi blogger sudah sejak tahun 2011. Sebelas tahun menjadi blogger bukanlah hal yang mudah. Mulai dari website skala 3 yang masih dengan nama www.uswatunieq.blogspot.com hinga sudah sejak 3 tahun ini blogku oficially menjadi www.uswatunieq.com


Kurang disiplin menulis menjadi faktor utama naik turunnya website ini. Kesibukan dunia nyata menjadi alasan utama susah sekali konsisten untuk menulis. Padahal sejujurnya kemalasan menjadi pemenang ketika ide untuk menulis itu datang.


Pelan tapi pasti, website uswatunieq.com berkembang di jalan yang aku inginkan. Perangkat yang aku miliki saat ini sudah mendukung untuk perkembangan konten kontenku baik itu website, instagram dan YouTube. Harapannya setelah ini semua sosial mediaku dapat maju bersama dan beriringan dengan kegiatan dunia nyataku meski aku harus merelakan waktu istirahatku untuk melakukan pengembangan untuk konten sosial media ini.


Mencoba peruntungan menjadi influencer instagram

Tidak mudah mengembangkan akun instagram @uswatunieq ini hingga memiliki 20ribu followers. Awalnya tentu aku mulai dengan hanya 2 ribu followers terlebih dahulu. Selanjutnya membutuhkan waktu 7 tahun untuk meningkatkan followers menjadi 20 ribu followers seperti saat ini.


Berawal aku iseng iseng sering upload review skincare yang aku gunakan sehari hari. Itupun tidak dengan kualitas gambar yang baik. Hanya upload sederhana dan review yang ala kadarnya. Ternyata yang aku lakukan tersebut mengundang beberapa komunitas, agency, dan brand menghubungiku untuk bergabung atau mempromosikan produk mereka. Pelan pelan, peningkatan itu datang. Aku juga berusaha meningkatkan followersku dengan mengikuti kegiatan follow to follow atau lainnya. Saat ini juga aku sedang belajar membuat konten reels untuk meningkatkan engagement instagramku. 


Menjadi konten kreator tidaklah semudah itu. Karena banyaknya konten kreator saat ini, persaingan menjadi semakin ketat dan banyak sekali konten reels yang menyuguhkan konten yang bagus. Sehingga sebagai konten creator harus terus mengikuti perkembangan digitalisasi dan perkembangan konten agar platform yang mereka gunakan terus berkembang.


Mengembangkan konten YouTube

Ketika pandemi corona terjadi, aku merasa Instagram dan websiteku sudah mampu berkembang pada jalurnya. Sehingga aku mencari kesibukan baru dengan mengembangkan konten YouTube. Dari yang awalnya konten coba coba, saat ini aku sudah memiliki lebih dari 1.000 subscribers. 


Banyak sekali konten yang menawarkan kemewahan dari menjadi konten creator. Akan tetapi, kemewahan itu didapat dari kedisiplinan dan perjuangan. Bukan perkara yang mudah untuk menjadi konten creator. Apalagi masih merintis karir seperti aku ini. Harus edit sendiri, nulis sendiri, Take video sendiri, semuanya masih sendiri. Dan aku juga masih harus berkegiatan menjadi dosen. Tentu bukan hal yang mudah untuk melakukan semuanya sendiri dan harus disiplin masing masing.


Tulisan ini sengaja aku buat untuk mengingatkan kepada readies pembaca setia website uswatunieq.com yang ingin menjadi influencer bahwa ketika menginginkan menjadi content creator, kalian harus tahu bahwa konsekuensi, disipilin, dan tanggung jawabnya besar sehingga semuanya harus saling beriringan.


Semangat selalu yaa untuk content creator yang sedang berjuang.


Uswatun Khasanah Katasmir

www.uswatunieq.com

Post a Comment

0 Comments