OBROLAN WAJIB SEBELUM MENIKAH

Pernikahan adalah gerbang besar yang akan kita lewati bersama pasangan yang kita pilih untuk menjadi bagian dari hidup kita. Tentu kita akan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi pernikahan, bukan hanya ritualnya tetapi juga kita sebagai sosok baru yaitu seorang suami atau seorang istri. Bagaimana cara kita saling berkomunikasi dengan cara terbaik bersama pasangan menjadi sebuah pekerjaan tersendiri. Komunikasi menjadi sangat penting dan perlu kita lakukan baik itu sebelum menikah bahkan sampai bertahun-tahun setelah menikah.

Kali ini saya akan berbagi tentang pembicaraan yang sebaiknya dibicarakan sebelum pernikahan untuk meminimalisir konflik yang ada di awal pernikahan. Terutama yang berkaitan dengan keuangan kalian sebagai pasangan. Kesampingkan tentang hal hal tabu yang tidak boleh dibicarakan sebelum menikah karena keterbukaan terutama mengenai keuangan masing-masing harus didiskusikan berdua. Jadi, apa saja yang sebaiknya dibicarakan sebelum menikah? Simak Yuuk..


1. Tujuan pernikahan.
Sebelum menikah, sebaiknya kalian berdiskusi tentang apa tujuan pernikahan kalian menurut masing masing. Setelah mengetahui sudut pandang masing masing, maka silahkan diskusikan tentang tujuan pernikahan kalian sehingga dalam perjalanan pernikahan nantinya akan jelas tujuan pernikahan ini menuju kemana dan dengan target seperti apa. Ini akan memudahkan kalian dalam memecahkan masalah dalam pernikahan terutama dalam hal yang berkaitan dengan keuangan.

2. Gaji dan Pekerjaan.
Gaji adalah sesuatu hal yang perlu kalian diskusikan terutama bersama pasangan. Jangan sampai kalian saling menyembunyikan gaji masing-masing karena kehidupan keuangan kalian nantinya akan bersama-sama dan ditanggung berdua. Pekerjaan juga demikian, apakah nantinya istri boleh bekerja atau tidak. Bicarakan juga tentang konsekuensi dan tanggung jawab dan pertimbangkan tujuan pernikahan kalian.


3. Keuangan.
Ini adalah bagian paling sensitif dalam sebuah pernikahan ketika keuangan diguncang. Oleh karena itu, sebelum pernikahan sebaiknya bicarakan siapa yang akan menanggung biaya hidup penuh dan siapa yang akan menjadi bendahara rumah tangga. Ingat ya, bendahara rumah tangga adalah pengendali keuangan tapi tetap memberikan pertanggungjawaban kepada masing-masing pihak.

4. Hutang.
Banyak pasangan yang tidak mempedulikan terkait keuangan pasangan bahkan hutang yang sedang ditanggung mereka. Karena ini akan menjadi kendala tersendiri ketika kalian akan menikah nanti. Beban hutang tidak boleh disembunyikan, harus diberitahukan kepada pasangan karena ini akan membebani kalian sampai terlunasinya hutang.

5. Keluarga tanggungan.
Beberapa pasangan terutama anak pertama seringkali memiliki beban untuk membantu orang tua mereka memenuhi kebutuhan adik-adiknya. Oleh karena itu, pastikan kalian mengetahui adakah beban keluarga masing masing, lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk membiayai beban hidup keluarga. Hal ini akan berpengaruh terhadap kehidupan keuangan kalian nantinya.

Jadi, sementara itu yang perlu saya jelaskan tentang hal hal yang wajib didiskusikan dengan pasangan kalian sebelum menikah. Ingat ya, kejujuran, keterbukaan dan kerelaan masing masing untuk bercerita semoga dapat menambah kelanggengan dan kesiapan kalian menuju pernikahan.

Semoga lancar ya menuju hari pernikahannya.

Follow akun sosmedku ya biar kita bisa lebih dekat. 
Twitter : @uswatunieq 
Facebook : Uswatunieq 
Instagram : @uswatunieq 
Youtube : Uswatunieq story 
Podcast : Uswatunieq Bicara

Uswatun Khasanah Katasmir

Post a Comment

2 Comments

  1. Wah Info bermanfaat ini,
    Kita jang masih belum nikah gini butuh info dari yg sudah berpengalaman hehe

    ReplyDelete