Emansipasi dari kartini

Siapa yang tidak tahu sosok Kartini? Wanita Indonesia yang dilahirkan di suku jawa dengan adat yg pabu juga faktor penjajahan Belanda saat itu yang menyulitkan wanita untuk mendapatkan pendidikan setara dengan laki-laki. Hanya anak bangsawan yang  diizinkan menempuh pendidikan tinggi pada masa itu. Sekolahnya seorang Kartini, justru semakin membuat sosok Kartini semakin berani untuk memperjuangkan hak hak yang seharusnya juga dimiliki oleh seorang wanita. Kartini, Seorang anak bangsawan pada zamannya yang berhati mulia dan memilih peduli. Peduli harkat dan martabat wanita yang pada zamannya hanya "nang pawon", diperjuangkan sedemikian rupa sehingga mampu ada di titik sekarang - emansipasi wanita.

Semakin mendewasa, Kartini menjadi sosok ibu yang peduli kepada wanita wanita di sekitarnya. Ibu Kartini, memperjuangkan hak hak wanita agar wanita mampu mengembangkan bakatnya, menempuh pendidikan yang sama dengan laki-laki. Jika menilik sedikit dari sejarah, wanita di zaman ibu Kartini hanya menjadi pemeran pengganti yg sama sekali tak diutamakan. Budaya patrialisme yang memaksa wanita untuk patuh dan tunduk pada apa yang suami mau. Tak bisa bersuara, tak dapat bersekolah, dan hal hal yang seharusnya bisa didapatkan untuk meningkatkan pengetahuan wanita juga tak diberi.

Waktu demi waktu berlalu. Kesuksesan Kartini menggiring kegelapan berubah menjadi terang semakin menunjukkan keberhasilannya. Semakin banyak yang mendukung, semakin banyak pula yang menghujat (tapi jaman dulu masih belum ada netijen. Haha). Bahkan dari keluarganya sendiri, Kartini melawan arus budaya. Budaya yang teramat kaku dan pabu, didobraknya tanpa rasa segan dan takut. Budaya yang berhasil digesernya  menjadi kemudahan di zaman sekarang.

Emansipasi yang diperjuangkan oleh Kartini itu adalah hak wanita untuk menuntut ilmu dan mengembangkan bakat serta kemampuannya. Wanita bukan hanya hiasan rumah atau tukang masak, manak, macak. Wanita punya hak untuk bangkit, berbahagia dengan mimpi mimpinya.

Kini, wanita bisa bersekolah tinggi, mampu pula bekerja untuk membangun ekonomi keluarga, dapat membimbing anak dengan kualitas pendidikan yang tinggi, dan makin banyak lagi yang dapat diperjuangkan atas nama memuliakan wanita. Kemudahan-kemudahan yang seharusnya dijaga batasnya atas nama wanita itu sendiri, atas nama kemuliaan. Bukan kemudahan yang dibuat untuk menjadi seenaknya sendiri dan bar-bar.

Kemuliaan yang digaungkan Kartini semakin berubah menjadi kerakusan di zaman ini. Hal hal yang hampir tidak bisa dan tidak mampu dinilai oleh akal, semakin merajalela atas nama emansipasi. Wanita boleh berpakaian sesuka hati karena HAM. Wanita berhak bekerja sampai lupa mendidik anak dikatakan emansipasi. Meminta lowongan pekerjaan di sama ratakan tanpa ada pergenderan, dan hal hal ekstrim lain yang seharusnya bukan lagi masuk ranah emansipasi, tapi rakusisasi.

Laki laki dan wanita, kodratnya tidak bisa dan tidak akan bisa sama dan tidak akan bisa dipaksakan untuk menjadi sama. Laki laki dan wanita, punya kewajiban masing masing, punya kemampuan masing masing, dan punya keterbatasan masing masing. Itu semua tidak akan pernah sama.

Bagi manajemen perusahaan, memperkerjakan wanita terlalu banyak adalah suatu ketidakefektifan. Hal ini dikarenakan akan terjadi masa cuti yang lebih banyak dibandingkan masa cuti yang dimiliki oleh laki laki. Cuti haid. Cuti punya anak, dan cuti cuti lainnya. Wanita harus hamil, liburan, masak, menyusui, dll. Keadaan fisik dan psikis juga berbeda jauh dibandingkan dengan laki laki.

Saya bukan membicarakan tentang kemunduran. Tapi saya berbicara tentang emansipasi juga harus sadar diri. Wanita memang harus punya mimpi sebesar jagat, tapi jangan sampai lupa pada kodrat. Berusahalah selalu meraih mimpimu, tapi jangan sampai lupakan anakmu. Karena kodrat wanita sesungguhnya adalah menjadi Ibu. Bukankah itu juga yg diperjuangkan oleh Kartini? Seorang ibu harus pandai dan berpengetahuan luas, karena ia adalah madrasah pertama bagi anak anaknya.

Post a Comment

2 Comments

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete
  2. numpang share ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete