Day 11: Buku, Miniatur, dan Kerang Ajaib

Rumah itu umpama wilayah teritori yang mampu menjadi satu satunya tempat yang aman dan nyaman untuk yang tentu saja untuk menyimpan segala sesuatu yang kita sukai. Segala hal tentu saja dengan aman kita simpan dirumah terutama barang barang koleksi. Barang yang kita koleksi itu umpama barang berharga yang meski murah, tapi mampu membuat kita sakit hati jika melihat barang itu rusak atau hilang.


Ada tiga barang yang tiba tiba banyak dirumah. Sebenarnya bukan berniat untuk mengumpulkan. Akan tetapi, setiap pergi ke luar kota. Pasti ada beberapa barang yang satu tipe itu yang dibawa pulang untuk sekedar pajangan rumah. Ada juga yang memang kita bawa pulang karena manfaatnya. Banyak sekali alasan yang tentu saja bersifat sangat pribadi pada masing masing yang mencintainya. Berikut ini beberapa barang yang sengaja dan tidak sengaja dikoleksi dirumah:

1. Buku
Buku adalah salah satu barang yang sengaja dibeli dan sengaja dikumpulkan karena keinginanku untuk memiliki perpustakaan pribadi di rumah. Ada satu waktu ketika aku berkunjung ke rumah salah satu dosenku, aku melihat betapa indahnya memiliki perpustakaan pribadi di salah satu corner di rumah. Entah kenapa aku merasa keindahan bercampur dengan ilmu yang membentuk sebuah ketertarikan tersendiri untukku. Semenjak itulah, buku buku yang awalnya tercecer dan terbengkalai mulai aku kumpulkan lagi, aku bersihkan dari debu debu, dan aku tata meski masih sederhana sekali. Tapi sungguh indah dipandang. Sebuah rak berisi ilmu yang akan selalu bisa mengisi bagian bagian otak yang haus. Oiya satu lagi, aku paling gasuka meminjamkan bukuku kepada orang lain karena memang seringkali tidak dikembalikan oleh si peminjam. Huhu. Jadi pelit kan...

2. Miniatur Kayu
Untuk barang satu ini, sejujurnya aku tidak pernah sengaja untuk mengumpulkan. Entah kenapa, setiap aku pergi berlibur keluar kota, aku selalu tertarik apabila melihat miniatur miniatur apapun itu, alat transportasi misalnya. Mata dan hati selalu kompak untuk bersama sama membujuk tangan untuk mengeluarkan uang dan membawanya pulang. Jadi, dirumah itu ada beberapa miniatur yang tiba tiba kok banyak ya?

3. Kerang Ajaib
Ini sebenarnya aku juga kurang tahu bahwa kegiatan ini apakah legal atau tidak. Jadi setiap aku pergi ke beberapa pantai, seringkali banyak penjual yang menjajakan cangkang kerang yang tentu saja sudah dipoles semenarik mungkin. Parahnya adalah, aku bisa memutuskan untuk membeli beberapa cangkang kerang hanya demi mengisi salah satu almari pajanganku. Jujur, cangkang kerang itu menarik buatku. Haha.

Jadi jika kalian berkunjung kerumahku, jangan coba coba memegang atau meminjam. Karena yang punya rumah galak. Hahaha. Jadi, kalian suka koleksi apa nih dirumah?

Uswatun Khasanah Katasmir

Post a Comment

2 Comments

  1. Miniatur kayunya seperti yang dijual di Malioboro, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biasanya di toko oleh oleh atau sengaja beli di pameran kerajinan tangan kak.

      Delete