Makanan Khas Rawon versi Pasuruan

Jawa timur adalah tempat dimana rawon menjadi selebritis. Ya, siapa yang ga kenal rawon. Makanan khas Jawa Timur khususnya daerah Surabaya, Pasuruan, Probolinggo dan sekitarnya. Bukan lagi rahasia tentang ketenaran rawon ini. Tapiiiii, tidak semua warung yang ada justru menyediakan rawon yang enak. Karena komposisi bahan rawon yang hitam dan dipenuhi kluwek itulah yang membuat rawon ini rasanya sangat khas dan dirindukan. 

Sekilas Rawon: 
Rawon ini adalah olahan makanan berkuah yang berwarna hitam pekat. Makanan ini biasanya disajikan dengan empal daging atau sate kuning, ini mah sesuai selera kalian. Lengkap juga dengan sambal dan taoge mini. Biasanya ada juga yang dilengkapi dengan tahu bumbu merah atau di pasuruan dikenal dengan sebutan Tahu Bali dan atau tempe goreng.Kalo mau tambah kerupuk juga boleh. 

Sumber: Wikipedia
Kenapa rawon hitam pekat? 
Bumbu utama rawon adalah kluwek. Karena aku orang jawa sih, jadi nyebutnya begitu. Kalo di sunda, biasanya disebut dengan picung. Kalo di Toraja disebut dengan Pamarrasan. Di Kamus Bahasa Indonesia biasa disebut dengan kepayang. Tumbuhan ini tumbuh secara liar, tapi jika di eksploitasi terus menerus juga akan habis sih. Buah kluwek sendiri meliliki kulit yang cukup keras dan visualisasinya mirip batu yang banyak kita temukan di sungai. Tapi jika dihancurkan kulit luarnya kluwek justru lembut. Nah isi kluwek inilah yang digunakan sebagai bahan utama rawon. 

Kalo kalian ada waktu main dan jalan jalan ke wilayah Jawa Timur, yuk dateng ke Pasuruan. Kota kelahiran tercinta, hehe. Disini juga ada rawon. Tapiii, jangan salah pilih warung rawon yaaa. Kalo memang ingin menikmati sajian rawon versi Pasuruan, boleh dateng ke Warung Sakinah. Untuk memudahkan menemukan warung sakinah Pakai Google maps juga bisa, jaman udah canggih sist apapun bisa ditemukan, hehe.

Rawon di pasuruan terutama di Warung Sakinah ini cenderung asin tetapi pas dengan daging empal yang sedikit manis dan daging empalnya dijamin empuk banget. Rasa dari bumbu rawon disini juga ga begitu menyengat atau pahit. Tapi pas. Kombinasi rawon dan daging. Kombinasi kluwek dengan bumbu lainnya. Intinya kalo kalian ingin merasakan kenikmatan citarasa pasuruan, Berkunjung kesini aja yuukk. Boleh deh mampir kerumah. 

By the way, soal harga jangan ditanyaaa. Disini satu porsi rawon plus daging empal yang lumayan besar itu biasanya cuku dengan kocek Rp 35.000,- sajaaa. Bukan lagiii. Dibilang murah juga engga, kemahalan juga engga. Mantab deh pokoknya. 

Makanyaa, dateng yuk ke pasuruan dan coba sensasi makan Rawon disalah satu tempat rumah asal Rawonnya. Dan inget, ke pasuruan juga bawa pulang Bipang Pasuruan

Uswatun Khasanah Katasmir
Edited by Putry AMR

Post a Comment

8 Comments

  1. jd penasaran juga ya apa sama dg yang di surabaya dan tempat lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip, tapi mungkin beda sedikit. probolinggo cenderung sedikit hambar. Kalo Surabaya itu rawon item banget. Kalo di pasuruan cenderung standard aja sih. tapi balik lagi ke selera yaaaa.

      Delete
  2. Sebagai asli orang Jambi saya jadi penasaran dengan ras rawon ini :D

    ReplyDelete
  3. Uwaaaahhhh aku sukaaa banget ama rawon. Tapi biasanya rawon malang. Ternyata ada rawon pasuruan juga yaaaa.. :) .. Tapi duluuu, pertama kali dimasukin rawon ama babysitterku yg org jawa timur, aku ragu mau makan mba :p. Aku sampe nanya ke pengasuhku, "mbah, kenapa ini makanan kuahmya mirip air di got . Item banget" . Wkwkwkwk aku msh kecil wkt itu. Tp pas pengasuhku bujukin utk dicoba dulu, uwaaaahhh sukaaaak sampe skr :). Makanya jgn judge sesuatu hanya dr penampakan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rawon, si item yang bikin jatuh cinta. hahaha. Kakak Malang? Aku sering ke Malang looh.

      Delete
  4. Makanan favoriteku.. kalo di Banyuwangi biasanya pake tauge kecil2 tuh mbak.. enak banget apalagi pake sambelnya ditambahin jeruk limau. Makin seger. Sayangnya karena sekarang tinggal di Jakarta dan jarang nemu Rawon yang sesuai, jadi sering masak sendiri ditambahin Labu siam. Wkwkwk.. di bandingkan dagingnya, biasanya banyakan labu siamnya. Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru tau kalo rawon bisa dikasih labu siam kak ewa, hmmm

      Delete