MERAK

Hidup ini sesungguhnya dipenuhi dengan makna makna. Setia kejadian, setiap kegiatan, setiap bacaan, setiap gerakan, setiap pemikiran, setiap alasan, bahkan setiap kebohongan. Manusia tidak terlalu angkuh untuk mengerti semua makna atas apa yang terjadi, hanya manusia tidak selalu dapat memahami atau memang sengaja mengabaikan. 

Bagiku, hidup ini penuh dan harus dipenuhi dengan makna, filosofi, dll. Bahwa segala sesuatu yang kamu pilih itu ada makna dibalik semuanya. Setiap detail, setiap warna, setiap gambar, bahkan setiap kamu mengedipkan mata (parabola). 

Merak. 
Merak itu cantik, Merak itu Indah. Merak adalah perlambangan dari suatu kagungan ciptaan Tuhan. Tuhan mencintai keindahan bukan? Ya, Merak mungkin salah satu cara Tuhan menunjukkan kemampuan-Nya dalam keindahan. 

Merak memang hanya mengepakkan sayapnya ketika musim kawin. Bukankah itu juga pertanda, bahwa Tuhan mengirimkan keindahan yang tidak selalu terlihat. Tuhan ingin kita lebih menghargai setiap waktu, setiap momen keindahan itu terjadi. 

Merak juga perlambangan kerendahan hati. Merak memang cantik, tetapi mereka tidak selalu menunjukkan keindahannya. Keindahan mereka hanya untuk waktu tertentu, keindahan mereka hanya untuk hal hal yang pantas. Sesuai dengan kehendak, kodrat, dan pemberian Tuhan. Bukankah Merak akan mengepakkan sayapnya hanya ketika musim kawin itu adalah kodrat? 

Mereka sadar, mereka menrima. Keindahan rupa dan keindahan hati yang sungguh Luar biasa. 

Merak 
Adalah perwujudan tuntunan Tuhan kepada kita dalam menikmati setiap keindahan hidup yang diberikan Tuhan. Kesombongan, kecantikan dapat diredam dengan kerendahan hati. Sebab itulah, saya berharap kebaikan yang terkandund di dalam burung Merak dapat menjadi tuntunan untuk hidupku dan semoga untuk para pembaca blog ku juga. 

Uswatun Khasanah Katasmir
https://uswatunieq.blogspot.com/

Post a Comment

4 Comments

  1. True.. merak yg cantiiikk bukti kalo Allah itu Maha Besar dan menyukai keindahan.. Dan gak ada sesuatu yang kebetulan.. :)

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah baru tau kalau merak menngepakan sayap nya di waktu tertentu :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,merak mengepakkan sayap ketika musim kawin, untuk untuk menarik lawan jenis mbak.

      Delete