Cara membaca ingredients produk

Produk kecantikan utamanya bagi wanita adalah sebuah kebutuhan primer sama halnya dengan handphone. Maka dari itu, sudah sewajarnya kita mengerti dan mengenali tentang produk produk tertentu. Selain karena kebutuhan, mengenali produk juga sebagai cara kita untuk mengantisipasi kesalahan membeli produk make up dan skincare.

Aku mencoba membaca beberapa trik tentang cara membaca ingredients produk dan akhirnya menemukan formula yang bisa dengan mudah di ingat agar kita bisa secara mudah untuk membaca komposisi produk tanpa perlu belajar kimia kimia. Haha. Nah berikut ini akan aku "jelentrekkan" jelaskan tentang cara membaca komposisi produk yaa:

Label Produk
Label produk adalah cara awal termudah untuk mengetahui apakah produk tersebut sesuai dengan wajah kita atau ngga. Kok bisa label produk? Yadong, dengan membaca label produk yang disematkan artinya kita bisa tahu sekilas bahwa efek apa yang akan diberikan kepada kulit kita. Misalkan nih, produkorganic, vegan, noncomedogenic, dermatologist tested, melembabkan, dll. jika kita memang sudah mengetahui tipe dan jenis kulit kita, maka kita akan dengan mudah menjatuhkan pilihan kita kepada produk tertentu. Nah setelah itu, baru kita mulai untuk membaca ingredients produk yan kita pilih dari beberapa produk yang lain.

Urutan Komposisi
Urutan komposisi didalam produk kosmetik juga ada makna dan pengertiannya loh.

  • Urutan 3 besar. Untuk urutan 3 besar produk ini, biasanya kandungannya mencapai 90% dari cakupan seluruh isi produk dan juga diisi dengan produk yang membuat tekstur produk tersebut. Jika produk merupakan gel, maka tiga produk teratas ini adalah bahan pembentuk gel tersebut. Gitu readies.
  • Urutan 5 besar. Untuk urutan 5 besar produk biasanya adalah komposisi utama produk. Misalkan melembabkan, atau mengurangi minyak. Jadi untuk konsen utama produk biasanya terlihat di bagian urutan 5 besar produk
Semakin kebawah, maka komposisi produk akan semakin sedikit bahkan hingga satu persen saja. Oleh karena itu, urutan komposisi juga harus kita pastikan terlebih dahulu yaaa readies.



Nama Komposisi 
Nama kandungan yang terdapat didalam komposisi produk seharusnya bisa kita amati secara sekilas. Contohnya untuk kandungan embetuk tekstur, dilansir dari jurnal sociolla (https://journal.sociolla.com/beauty/cara-membaca-label-ingredients-produk-kecantikan/) bisa dilihat dan diklasifikasikan sebagai berikut:
  • one: silicone, berfungsi melembutkan dan membuat produk mudah dibaurkan. Misal: dimethicone, 
  • ane: rantai karbon, berfungsi untuk mengentalkan produk. Misal: cyclopentasiloxane
  • ide atau –ate: molekul yang berfungsi untuk mengentalkan air. Misal: sodium hyaluronate
  • pole atau –mer: polymer yang berfungsi memadatkan produk. Misal: crosspolymer
Baca juga terkait kandungan alkohol dan fragrance apabila anda menghindari hal hal tersebut. Atau jika ada bahan yang membuat kulit anda merah dan timbul ruam, maka sebaiknya dihindari.


Gunakan aplikasi atau web nama produk
Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk cek dan ricek kandungan yang ada didalam produk skincare. Salah satunya adalah CosDNA. Nanti akan aku share berikutnya tentang apa itu CosDNA. Tetapi masalahnya, kita harus menyesuaikan dengan jenis dan tipe kulit kita juga ya readies. Karena apa yang di aplikasi atau yang kita baca juga belum tentu akurat sesuai dengan jenis dan tie kulit kita.

Selalu ingat ya bahwa kita harus memahami apa yang ada di kandungan ingredients produk sebelum menjudge sebuah merk. Karena jika terjadi sesuatu pada kulit wajah kita, peran utamanya justru bukan pada merk tertentu, tetapi karena kandungan yang ada didalam produk tersebut apapun merk nya. Okay readies.

Uswatun Khasanah Katasmir

Post a Comment

0 Comments