TIPS: Cara mengatasi jerawat

Kita semua pasti udah tau lah yaaa kalau jerawat adalah sesuatu yang harus dihindari terutama bagi wanita yg dengan ke perfectionist an tinggi sepertikuu. Bukan aku sok sok gimana nih yaa,cuma rasanya emang teramat mengganggu kalau udah ada jerawat mengganggu. Pake make up gaenak, pake skincare jadinya kepikiran. Ngerasa ga nyaman kalau diliatin bagian wajah, dan banyak lagi ketidaknyamanan yang ditibulkan dari jerawat.

Nah akhir akhir ini, tiba tiba muncul jerawat di pipi rentetan dan tiba tiba udh lima aja. Padahal aku tipe manusia yg biasanya selalu sadar kalau ada satu jerawat muncul. Tapi bulan kemarin emang bulan cuek Uswatun kayanya yaaa. Tiba tiba udah banyak aja jerawatnyaa. Tapi sekarang udah berkurang dengan cara cara yang aku padu padankan dan sesuaikan dengan diriku sendiri iniii. Simak terus yaaa cara unieq versikuuuu berikut ini:

Sumber: Google


1. Cuci muka
Cuci muka ini sesuatu hal yang wajib dan harus dilakukan sering sering. Usahakan gunakan sabun atau make up remover yang cocok di kalian dan cuci muka kalian sebersih mungkin. Jangan sampai ada residu yang masih nempel di wajah yang akan menyebabkan masalah dan jerawat berikutnya. Biasanya nih aku cuci muka saat bangun tidur, saat mandi, dan sebelum tidur. Kalau kalian yang merasa ketika siang hari dan banyak pekerjaan di outdoor, kalian juga perlu cuci muka lagi saat istirahat makan siang yaaa.

Kenapa perlu sering" cuci muka?
Ini dikarenakan ketika kita mencuci muka kita sampai bersih bersinar, kotoran wajah kita akan juga ikut terangkat. Kita semua udah tau kan kalau jerawat itu muncul akibat tersumbatnya pori pori wajah. Nah sumbatan itu memang bisa disebabkan oleh banyak hal, tetapi kalau kita sering mencuci muka kita sampai bersih, maka kemungkinan sumbatan itu bisa lebih kita minimalisir. Tapii, harus gunakan pembersih wajah yang cocok yaaa. Kalau ngga cocok juga sama aja bo'ong doong. Karena wajah kita justru terpapar bahan kimia yang membuat kulit kita justru menjadi breakout.


2. Pakai essence
Ketika jerawatku muncul bersamaan 5 jerawat, aku mulai browsing browsing nih kira kira produk apa yang bisa mencegah jerawat atau menenangkan jerawat yang lagi puber. Hahaha. Akhirnya aku menemukan salah satu tips, yaitu menggunakan essence. Essence apa yg aku gunakan? Nanti ya, aku share di blog terpisah untuk produk essence nya. Tapi yang pasti ini produk lokal yg cocok banget buat aku.

Kalian juga bisa nih gunakan essence atau serum untuk menenangkan jerawat. Tentunya kalian harus pilih produk yang sesuai dengan jenis dan tipe wajah kalian yaaaa. Essence dan serum memang memiliki fungsi masing masing tiap produk, tapi dengan menggunakan essence, akutuh merasa step skincare berikutnya yg aku pakai di wajah itu jadi lebih efektif hasilnya dibandingkan tanpa essence atau serum. Gituuuu.

3. Rajin pakai cream malam
Kenapa kok cream malam?
Sure, krim malam digunakan untuk memberikan treatment di wajah kita ketika malam hari. Nah, malam hari itu adalah yang lebih efektif jika kita memang berniat menyembuhkan jerawat. Karena ketika malam hari, sel sel tubuh kita itu sedang me-renew, atau istilahnya di check up trus disembuhkan lah gitu. Tapi buat yg hobi begadang kaya aku, butuh usaha untuk tidur dibawah jam 10. Btw, saat kita tidur dibawah jam 10, biasanya tubuh dan kulit kita jadi lebih sehat karena jam jam itulah yg efektif untuk meremajakan kulit saat tidur. Tapi butuh deep sleep juga yaaa.

Baca juga: 

4. Jaga kebersihan
Ini tentu, harus, dan wajib banget. Ga cuma kebersihan wajah tapi juga kebersihan sekitarmu yaaaa. Makanya sering banget kan yang bilang kalo wajah jerawatan itu berarti orangnya jorok. Ini persepsi yaaa. Tidak salah tapi juga tidak benar. Karena tipe wajah manusia itu jelas berbeda beda, tapi biasanya kalau kita sedang malas malasnya atau lagi jorok joroknya, pasti muncul banyak jerawat kan? Jadii, jaga kebersihanmu, tempat tidurmu, bajumu, kerudungmu, rumahmu, dan sekitarmu yaaa.

5. Pakai sunscreen
Kok pakai sunscreen sih? Eits, jangan salah yaaaa. Pakai sunscreen itu wajib dan perlu. Buat kalian yang belum tau, sunscreen itu mencegah freckles di wajah.

Hubungannya sama jerawat?
Jadi kalau kalian jerawatan, dan ga pakai sunscreen biasanya jerawatnya menimbulkan bekas hitam dan cenderung lebih susah untuk dihilangkan. Jadi buat kalian yg merasa perlu memiliki wajah muluus, jangan skip sunscreen yaaa. Atau cari foundation atau pelembab yg mengandung spf. Jadi ga perlu double kerja kita mah readies.

Anyway, segitu dulu yaaa tips mencegah jerawat atau menyembuhkan jerawat dari akuuu. Buat kalian yang mau tau tips tips berikutnya, follow instagram aku yaa @uswatunkatasmir untuk tau update bauty blog berikutnya. Salam readies 😍😍

Post a Comment

0 Comments