Cara memilih produk kecantikan

Make-up terutama skincare merupakan kebutuhan wajib seorang wanita yang ingin wajahnya terlihat lebih baik atau lebih menarik. Bukan karena kita tidak bersyukur atas pemberian Tuhan, tetapi karena kita memang seharusnya merawat tubuh dan wajah kita sebagai pemberian dari Tuhan.

Nah, banyak sekali wanita yang seringkali salah membeli produk make-up atau skincare yang inginnya kulit wajah dan tubuh terlihat lebih baik tapi justru semakin parah dan breakout. Kulit wajah kita justru jerawatan, timbul alergi, gatal gatal, bruntusan, atau jadi mkin banyak komedo, dan banyak hal yang tidak terduga lainnya. Nah untuk ladies, ada loh hal hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli make-up atau skincare agar tifak salah membeli produk sehingga jadinya mubadzir, buang uang, apalagi breakout. Duuh, jangan sampe yaaaa.

Berikut ini bebetapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli skincare atau make up:

1. Mengenali jenis kulit kita.
Wanita tentunya sudah wajib tahu tentang jrnis kulit kita. Mulai dari warna kulit, warna undertone kulit, sampai jenis kulit kita dry skin, oily skin, combination skin, extra dry atau extra oily, atau sensitive skin. Kok banyak banget? Iya doong readies, itu adalah hal hal wajib yang perlu kita tahu sebelum kita membeli produk make-up atau skincare agar kita tidak salah membeli produk. Untuk jenis kulit, tentunya kita sudah tahu dong kira kira nanti kita memilih skincare yang mengandung minyak atau tidak, melembabkan sampai seberapa jauh, dll. Nah bagi yang berkulit sensitive, tentunya akan sangat perlu untuk memastikan bahwa produk tersebut tidak betefek besar pada kecantikan kulit wajah dan tubuhmu. Jadi mulai sekarang, baca baca yuk tentang jenis kulit kita.


2. Mengenali tipe kulit kita.
Nah, untuk hal ini memang sangat perlu diperhatikan terutama bagi readies yang berkulit sensitive. Kita perlu tahu bahwa kulit sensitive itu bukan hanya karena produk tertentu, bisa jadi karena ada bahan tertentu yang memang tidak cocok dengan kulit kita. Misalnya nih, wajah kita tidak cocok dengan produk make-up dan skincare yang ada kandungan alkohol atau parfum. Jika kita tahu tipe kulit kita, percaya deh itu akan meminimalisir kesalahan pemilihan produk karena kita sudah mencari tahu sebelumnya trntang sebuah produk beserta bahannya. Rajin rajin cari ilmu trntang produk yaaa.

3. Baca klaim produk.
Ini penting memangnya? penting doong, penting bangeeett. Kenapa? Karena banyak sekali produk make-up atau skincare yang dari klaim produknya saja kita sudah bisa tahu bahwa produk tersebut cocok atau tidak untuk wajah kita. Misal nih, sebuah produk punya klaim ekstra melembabkan. Sedangkan kita tahu jenis kulit kita oily. Oily kalo semakin dilembabkan, akan semakin parah dong? Memang belum tentu, tapi jika produk memang diperuntukkan bagi pemilik kulit kering, ya artinya oily jangan belii. Gitu yaa readies. Anw, kalo mau beli atau nyoba nyoba juga gapapa sih sebenernya.

4. Baca review produk.
Ini peeentting bangeeeett. Terutama review produk dari orang orang yang berjenis dan bertipe kulit yang sama. Jari ga semua bisa dan patut kita percaya review nya yaaa. Pastikan bahwa kalian membaca review dari orang lain yang bertipe kulit sama. Karena kalau review dari orang yang berjenis kulit kering bisa cocok banget tp untuk kulit oily justru breakout. Sama juga bo'ong ini mah. Anw, aku biasanya pakai aplikasi beauty review dari female daily apps dan forum. Di aplikasi itu setiap member diwajibkan menulis keterangan tentang tipe dan jenis kulit, sehingga sangat memudahkan kita para pengguna aplikasinya. Sedekat ini aku masih belum menemukan aplikasi dan forum lain yang berinovasi mirip mirip femaledailyapps. Ini bukan endorsement yaa, tapi kalau mau endorse juga boleh.


5. Baca Ingredients produk.
Wow, saya bukan orang kimia atau yang ngerti kimia mbak. bacanya aja udah pusing, nama ingredients-nya ruibet. Hahaha, memang bagi kita orang orang awam, membaca ingredients itu susah sekali. Tapi kita harus banyak belajar dari google doong. Searching dong cara membaca ingredient produk, atau search bahannya di google. 100% kalian akan tahu tentang ingredients product itu tanpa perlu belajar kimia 7tahun. wkwkwkk. Karena itu juga yang aku lakuin agar tidak tertipu muslihat penjual produk. hehe

Jadi intinya kalian perlu rajin rajin untuk cari cari dan banyakin ilmu tentang produk untuj meminimalisir kesalahan pemilihan produk. Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang lagi mulai belajar make up yaa kawaaan.

Uswatun Khasanah

Post a Comment

5 Comments

  1. sangat penting memang mengenali jenis kulit diri sendiri, soalnya jika tidak bisa berakibat fatal, misal kulit tambah berjerawat atau tambah kering, dan juga sebaliknya tambah berminyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bunda, ini bener banget. Sudah harus lebih aware sma jenis kulit sendiri

      Delete
  2. No. 3 yang sering terlewatkan. Apalagi yang poin terakhir. hehehe

    Salam kenal, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk baca ingredients produk memang rada repot. Apalagi bahasa kimia, pusing. Haha

      Delete