About Save Street Child

Apa yang pertama kali anda pikirkan ketika pertama kali mendengar nama itu? Anak jalanan? Menjaga? Kegiatan Sosial?

Yup, bener banget semua itu. Kegiatan social bagi orang yang mata, hati, dan tangannya terbuka untuk anak jalanan.

Untuk apa sih kegiatan seperti itu?
Toh mereka pasti sudah punya pemikiran sendiri mengenai pekerjaan mereka. Anak kurang bisa diatur. Anak tak punya etika. Anak tak terurus. Dan banyak hal negative lainnya yang harus mereka terima untuk ditancapkan dikepala mereka. Menjadi sebuah label yang sama sekali tak pernah mereka harapkan.

Pernahkah kalian berfikir tentang apa yang mereka pikirkan?
Mereka juga ingin seperti kalian. Hidup damai, dalam lingkungan keindahan yang selalu membawa bahagia. Meski selalu bahagia itu takkan pernah ada. Guyub rukun dalam pertemanan yang membawa mereka ke surga, itu impian mereka.

Pernahkah kita sedikit membuka telinga?
Pada rintihan mereka dikala terik cantik mentari siang hari. Serasa membakar seluruh tubuh, bahkan seteguk air pun takkan mampu mendinginkan panasnya raga. Keringat mengucur dari setiap pori pori kulit. Merangkai langkah, menghampiri satu persatu kendaraan yang membawa sedikit hawa dingin.

Jangan pernah salahkan mereka.
Keadaan membuat mereka melakukan segalanya. Mencukupi keluarga, membantu orang tua. Atau hanya sekedar pelarian dari kisah orang tua yang sibuk dengan kaki dan tangannya masing masing tanpa sedikit menengok bahwa ada anak yang butuh sedikit senyum dan kata cerewet mereka.

Aku anak negeri, Kamu anak negeri, Mereka juga anak negeri.
Kita tak bisa melakukan banyak hal. Tapi sedikit kepedulian. Sedikit pengertian untuk mereka, juga diharapkan tak menjadi hal yang sia sia belaka.

AYO.
MULAI KITA MEMBUKA MATA
MENGIZINKAN TELINGA
MENGULURKAN TANGAN
LANGKAHKAN KAKI
MEMBAWA DIRI
UNTUK MEREKA
TAWA CANDA MEREKA BISA SAJA MENGHARUMKAN NEGERI

Uswatun Khasanah

Post a Comment

0 Comments