Mengapa Kita Menggunakan Open Source?

Dari juduL diatas mungkin kita akan bertanya..? Iya, Kenapa..? PadahaL kand kita menggunakan Windows dan semacamnya itu udah enak..


Semakin berkembangnya dan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap OpenSource ini, membuat kita semakin tertarik untuk mengikuti jejak mereka menggunakan OpenSource. Selain itu, Penggunaan OpenSource yang teLah merambah Dunia Ponsel juga semakin membuat kita berpikir untuk beraLih pada OpenSource. Ada banyak kebaikan yang bisa kita ambiL dari openSource.. Berikut adaLah ebberapa kebaikan dari OpenSource..

1. Gratis
Sudah banyak diketahui bahwa OpenSource adaLah Gratis. Jadi, ini memudahkan kita untuk mendownLoad banyak software Lengkap dengan Lisensinya tanpa biaya.

2. Mudah Di ubah.
Selain gratis, kita juga bisa mendapatkan kode Lisensi tersebut secara gratis puLa. Dengan kemudahan yang telah kita peroleh tersebut, kita bisa mengetahui kode software dengan mudah. Sehingga kita bisa mengubahnya software sesuai dengan kebutuhan kita. Tapi, kita memerlukan keahLian tersendiri untuk meLakukan haL tersebut, jika tidak hasiL yang terjadi akan acak-acakan. hehehehe.

Selain itu puLa, dengan mudahnya pengubahan software itu membantu kita untuk mengasah kreatifitas dalam diri manusia. Membuat manusia merasa perlu untuk belajar lebih dalam mengenai teknologi sehingga mereka bisa menerapkan keahlian mereka dan mungkin juga bisa menghasilkan uang untuk mereka yang mampu mengembangkan bakat mereka menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan serta mampu membuat Lapangan pekerjaan.

3. Tidak Mudah diserang virus..
Kenapa tidak Mudah..? Karena, akan susah seorang hackker atau orang nakaL untuk mencari kode software kita. Jika kita menggunakan cLosedSource, maka para hacker akan dengan mudah menanamkan virus, karena kodenya yah cumand satu dan cumand itu. KaLo kita menggunakan OpenSource itu akan susah para Hacker Mendobrak kode kita, karena Kodenya sudah banyak diubah2 dan mungkin berbeda dengan yang lain.

4. Mengurangi pembajakan.
Mungkin selama ini kita seringkaLi banyak memakai software bajakan. Yang dengan begitu saja membeLi CD, laLu tinggal meng-CopyPaste Begitu saja. Telah kita ketahui sebelumnya bahwa untuk membeli produk windows dan microsoft saja kita sebenarnya perlu membayar Lebih mahaL jika kita membeli asLinya, tapi kita amaLah Lebih memiLih membeLi CD yang harganya Lebih murah. Dengan Menggunakan OpenSource memungkinkan bagi kita untuk tidak Lagi memakai Barang Bajakan. Sehingga, haL itu akan mengurangi tingkat pembajakan.

WaLaupun semua barang pasti ada baik dan buruknya, tapi OpenSource ini akan dipercaya akan semakin dipercaya di masa Depan. :)

Uswatun Khasanah

Post a Comment

0 Comments