BLOG TIPS: Bagaimana Cara membuat blog dan mengatur tema blog?

Blog adalah sebuah wadah termurah kita untuk mencari sekaligus berbagi ilmu. Blog adalah ruangan terbesar yang dapat menggabungkan konsumen dan produsen tulisan dengan berbagai scoop, tema, latar belakang secara Cuma Cuma walaupun kalian tetap membutuhkan kuota untuk mengakses sebuah blog. Blog juga tempat dimana kalian bisa menyalurkan bakat menulis secara gratis dan mendapatkan pembaca dengan mudah. 


Lalu, banyak sekali pertanyaan yang muncul dari pembaca setia blog “bagaimana cara membuat blog?”. Nah sependek pengalamanku selama sepuluh tahun memiliki dan menulis blog, bersama dengan sebuah grup baik HBBV (https://www.instagram.com/hijabersbeautybvlogger/) yang juga tempat saya (https://www.instagram.com/uswatunieq/) menambah pengetahuan tentang blog dengan melakukan saring session bersama kak icha amelia (https://www.instagram.com/bysouthskin/), akhirnya saya menyalurkan ilmu yang saya miliki dan dapatkan dengan saya share kepada semua readies yang ingin memulai menjadi blogger. 

Bagaimana Cara memulai memiliki blog? 

1. Pilih Platform blog yang sesuai 

Platform blog adalah tempat dimana blog itu dibuat, istilah mudahnya adalah rumah atau aplikasi. Terdapat dua platform blog yang terkenal yaitu Blogspot dan Wordpress. Tentu kalian para calon blogger harus mengenal lebih dekat kedua platform ini, masing masing terdapat positif dan negatifnya sehingga kita harus melakukan pendekatan pada masing masing platform untuk memilih mana yang lebih tepat untuk kita. Berikutnya saya akan sharing tentang perbedaan keduanya untuk mempermudah calon blogger untuk mengerti dan memahami keduanya. 

2. Pilih Nama blog 

Nama blog adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah kehidupan blog. Ada beberapa tips dan trik untuk memilih nama blog sebagai identitas utama sebuah blog. Tentu kita harus memilih nama yang mudah diingat dan mudah spellingnya sehingga pembaca kita dapat sering berkunjung dan insight terhadap blog itu menjadi bagus. 

3. Daftar 

Ini adalah bagian awal kita memiliki blog yang sesungguhnya yaitu mendaftarkan diri di platform blog yang sudah kita pilih dan kita tentukan. Bagian ini sangat mudah sekali karena kita hanya mengisi form yang sudah dibuat sehingga memudahkan kita untuk memiliki blog. 

4. Selesai 

Nah, kalian sekarang sudah memiliki blog sendiri. Selanjutnya akan saya jelaskan sedikit tentang bagian bagian dari blogspot yang bisa kalian atur sesuai dengan selera pemilik blog masing masing. 

Bagaimana cara mengatur tema blog? 

Ini adalah salah satu bagian paling mudah jika kalian menggunakan blogspot. Berikutnya saya akan lebih banyak berbicara tentang pengaturan blog di blogspot karena saya merasa platform ini adalah yang paling cocok dengan saya dan sudah saya gunakan secara rutin untuk menulis selama sepuluh tahun terakhir. 

Sebuah blog itu utamanya terdiri dari 

1. Header 

Header ini adalah istilah dalam bahasa inggris yang bermakna kepala atau judul. Jadi di bagian header inilah tempat dimana judul ditulis. Judul blog bisa berbeda dengan nama blog. Ini tergantung pemilik blog ingin memberikan modifikasi pada blognya seperti apa. Dibagian ini pula tempat dimana kita meletakkan navigasi blog atau menu yang ada di blog kita. Pengaturah untuk menu blog akan saya jelaskan pada post blog berikutnya. 

2. Center 

Ini adalah bagian utama dari sebuahblog. Tempat dimana postingan atau tulisan blog kita dimuat. Pada bagian ini bisa terbagi menjadi dua sampai tiga bagian tergantung pemilik blog. Bagian utama dan yang memiliki andil besar adalat POST, tempat semua tulisan kita dimuat dan tersusun rapi sesuai waktu dimuatnya sebuah tulisan. 

Bagian berikutnya adalah SIDEBAR. Ini adalah tempat kita mengisi pernak pernik di blog kita. Misalkan, kita masuk sebuah grup blogger, maka bisa kita masukkan banner di bagian ini atau di bagian footer. Identitas kita sebagai blogger juga dapat kita masukkan disini agar pembaca mengenal siapa dibalik tulisan kita. Social media juga dapat ditaruh pada bagian ini. Kalian dapat mendapatkan semuanya di bagian widget sidebar. Saya akan menjelaskan di post berikutnya. 

3. Footer 

Ini adalah bagian terbawah di blog kita. Jarang sekali pembaca mau dan mampu mencapai titik bagian paling bawah di blog kita oleh karena itu usahakan blog kita tidak terlalu panjang jika menginginkan pembaca juga mau scroll sampai bagian terbawah. Bagian ini bisa kalian isi widget sama halnya di sidebar atau bisa kalian gunakan untuk menambahkan banner grup blogger yang kita ikuti. 

Nah, sekian post blog ini dibuat, semoga readies mendapatkan ilmu sebaik dan sebanyak mungkin sehingga dapat memulai blog dengan segera. Tidak perlu memilih tema terlalu ramai untuk awal penggunaan blog. Karena maintain sebuah blog dapat kita lakukan seiring pertumbuhan blog kita. 

Uswatun Khasanah Katasmir

Post a Comment

2 Comments


  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete
  2. ayo daftarkan diri anda di AJOQQ :D
    menangkan jackpot dengan sebanyak-banyaknya :D

    ReplyDelete