Hijab atau perilaku? Kamu pilih mana?

Hijab menjadi bagian dari simbol simbol keislaman yang menunjukkan bahwa seseorang sudah mulai melaksanakan perintah agamanya, tapi mungkin itu dulu. Sekarang hijab sudah seolah melekat sebagai sebuah kebutuhan fashion yang diakibatkan oleh trend keislaman di Indonesia yang semakin meningkat. Sssstt, jangan marah dulu yaaa. 

Sebelum kalian marah, baiknya kitalihat hijab dari sudut pandang Islam. Dalam Al Qur’an surat Al a’raf ayat 26 Allah berfirman :
“Hai Anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah. Mudah-mudahan mereka selalu ingat”.
"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab : 59)

Dua ayat Al-Qur’an tersebut masih bisa dijelaskan dengan ayat yang lain, akan tetapi saya menggunakan dua ayat tersebut karena memiliki kandungan makna yang eksplisit bahwa wanita dalam islam sebaiknya menggunakan hijab hingga menutupi seluruh tubuh untuk menjaga diri dan membedakan mereka dari para budak yang pada saat itu berpakaian tanpa hijab. 

Tentu trend fashion yang saat ini mulai hype dengan hijab segala rupa dan modelnya menjadi ketertarikan tersendiri bagi seorang wanita untuk ikut mengenakan hijab agar dapat terlihat cantik dan sama dengan teman-temannya. Anw, aku sedang berbicara kenyataan yang tidak dapat dipungkiri yaaa. 

Kalau berbicara hijab, aku sendiri sejujurnya sudah menggunakan hijab sedari TK. Ini dikarenakan aku sejak kecil sudah disekolahkan di sekolah dengan nuansa Islam sehingga aku terbiasa menggunakan hijab. Kenapa aku menggunakan kata terbiasa? Karena hijab itu tentu banyak mempengaruhi kondisi psikologis manusia secara tidak langsung. Ketika mengenakan hijab, kita seolah lebih berharga dibandingkan teman teman kita yang tidak mengenakan hijab. Jujur ya, yang aku rasakan ketika menggunakan hijab adalah tenang kalau ingin kemana mana. Godaan siul siul jadi minim, meski mungkin ada tapi tidak akan ada action yang separah mereka llakukan pada wanita yang belum berhijab. 

Again, ketika berhijab kadang kadang kita terbatas dalam melakukan sesuatu. Misal lari larian atau “pecilakan” yang notabene hal itu juga akan menjaga martabat kita sebagai wanita. Bukan jaim yaa, tapi emang susah kalo pake baju serba panjang terus “pencilakan”. Tapi ini bukan artinya wanita yang memakai hijab akan selalu baik berperilaku dan bertutur kata. Tidak semua, bahkan akupun masih berhati yang belum seputih merpati. Hahahah 

Hijab itu mempengaruhi perilaku tapi tidak bisa dijadikan sebuah acuan penilaian atas perilaku itu sendiri. Karena perilaku kaitannya dengan pribadi dan hati masing masing. Perilakumu tidak mencerminkan pakaian yang kamu kenakan kan? Meski kadang kita hobi sekali menilai sesuatu dari sebagaimana seseorang itu berpakaian. Dan tentunya kita seringkali berburuk sangka ada seseorang yang pakaiannya antah berantah, tetapi ternyata baiknya ampuuuunnn. Seakan kita ga pernah menyangka ada malaikat yang terjebak di tubuh jin. Wkwkwkkw. Ini kiasan aja yaa. Komunitas malaikat dan jin jangan tersinggung. 

Nah, jika kalian yang tidak berhijab selalu bilang “ah aku mau menghijabi perilakuku dulu”. Itu baik memang, tapii perlu diingat yaaa. Jangan membenarkan yang salah hanya karena ada oknum di kelompok lain yang berbuat kesalahan. Hijab dan perilaku itu memang sebaiknya berbanding lurus perkembangannya. Tapi bukan berarti yang berhijab HARUS baik, karena kembali kepada pribadinya masing masing. 

Jangan menjudge sesuatu hanya sekilas dan tidak berdasar. Misal, ah itu anak pake baju merah, berarti dia jahat. Kan bawang merah pake baju merah juga, berarti dia jahat seperti bawang merah. Kan hidup tidak sesimpel dan seinstan itu yaaa. 

Jadi niiihh, buat kalian yang merasa menggunakan hijab tapi berprilaku justru mencoreng hijab itu sendiri menurutku adalah tidak perlu kamu melepas hijabmu. Gunakan saja terus sambil berdo’a agar jiwa kita dibaikkan Tuhan seiring dengan hijab yang sudah menutupi aurat kita. 

Uswatun Khasanah Katasmir 

Post a Comment

2 Comments

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete
  2. numpang share ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete