Day 12: Kunci sehat? Air Putih

Semua manusia di Bumi juga akan tahu bahwa kita membutuhkan kesehatan untuk melakukan segala sesuatu. Sehat adalah mukjizat Tuhan yang diberikan kepada kita. Tapi, sehat juga harus dijaga. Sakit tidak mahal, tapi merubah sakit menjadi sehat lagi-lah yang mahal. Setiap kegiatan, setiap langkah kita membutuhkan kesehatan. Karena jika kesehatan pergi, maka langkah kita menjadi akan lebih berat.


Menjadi sehat adalah sebuah kebutuhan, Menjaga kesehatan adalah sebuah kewajiban. Aku menjaga kesehatan dengan hal hal yang sederhana, yang bisa kita lakukan dengan keikhlasan. Menjaga kesehatan juga terkait kesadaran, dan disiplin. Menjaga kesehatan itu ga mahal kok, ga perlu juga pergi ke gym setiap hari. Kecuali kamu ingin membentuk otot tubuh dan terlihat lebih sexy. LoL. Oke baiklah, berikut ini tips sederhana untuk hidup sehat versi Uswatun. Mau tahu? Cuuuss.


1. Memenuhi kebutuhan air putih
Jujur ya, ini adalah hal yang paling penting dibutuhkan tubuh. Air putih adalah hal kedua selain udara yang dibutuhkan oleh tubuh. Kok bisa? Yaa, 70% yang ada didalam tubuh kita adalah air. Oleh karena itu, kita membutuhkan air putih yang cukup, bolehlah dilebihin sedikit. Kebutuhan air putih itu sangat berkaitan erat dengan bagian tubuh bernama Ginjal. Ginjal itu bisa kita ibaratkan seperti saluran air. Kalau ingin saluran air itu lancar dan bersih, maka secara rutin kita harus mengisi kekosongan saluran itu dengan air putih. Dan misalkan kita sedang minum kopi, teh, atau minuman lainnya, itu ibarat kita mengisi saluran tersebut dengan air yang kotor. Air kotor tersebut jika terus dibiarkan dan diisi air kotor lagi, maka timbunan air kotor itu akan menyebabkan akibat buruk pada ginjal kita. Oleh karena itu, minumlah air putih secukup mungkin untuk memudahkan kinerja ginjal kita.

Lalu bagaimana cara kita tahu kebutuhan air putih kita sudah tercukupi atau belum? Untuk hal ini aku biasanya melihat dari air kencing yang dikeluarkan (Maaf ya sedikit jorok). Kita kan tentu melihat air kencing yang kita keluarkan, jika air yang dibuang itu berwarna, maka kebutuhan air putih kita kurang tercukupi. Semakin pekat warna air yang kita keluarkan, menunjukkan air putih kita sangat kurang tercukupi. Kok bisa? Ya doong, Kinerja ginjal itu menyaring air yang masuk. Jadi kalau tidak ada air yang masuk, maka darah kita yang akan dicuci oleh ginjal tersebut. Makanya air kencing kita berwarna.

2. Rutin olahraga pagi
Mungkin ini semua orang sudah tahu yaaa. Tapi aku sendiri seringkali olahraga pagi hanya lari lari kecil dibelakang rumah atau ke tempat olahraga yang dekat rumah. Lalu dilanjutkan seam sedikit dan sit up. Jujur aja yaa, impianku dan target hidupku adalah memiliki perut ramping tanpa ular yang berbebelit belit. Hehe.

3. Cukupi kebutuhan buah dan sayur
Ini dia nih, sayangnya di Indonesia orang lebih suka makan nasi atau mie instant daripada makan salad. Padahal salad buah dan sayur it sangat baik untuk tubuh. Kalau kalian lapar, nyemil salad itu ajalah. Bagus kok untuk kesehatan. Kalau dirasa salad itu mahal, buat salah sendiri ajaaaa. Eits iya, makan apel yaaa sering sering. Karena apel itu bagus untuk melawan toksin dalam tubuh. 

4. Jaga berat badan
Ini nih, bagi orang lain mungkin berat badan adalah nomor kedua. Kan aku lapar mbak? Kalau ga makan jadinya kena sakit magh dong? Tunggu duluuu, kalau laper coba dibiasakan nyemil buah dan sayur. Karena itu adalah kebutuhan tubuh yang kita butuhkan. Berat badan yang kurang atau berlebihan itu juga bentuk bahwa kita tidak sedang dalam keadaan sehat loh. Kita bahas ini di blog lain yaaa. Tapi selalu ingat untuk melihat berat badanmu dan stabilkan yaaa. Jangan sampe naik turun berat badan secara siginifikan terlalu sering. Itu bisa menjadi tanda kelainan psikologis looh. Oke, kita bahas versi lanjutannya nanti.

5. Bahagia
Nah ini niihh. Kunci segala sehat yang ada. Sebaik baik apapun kita menjaga kesehatan, stres juga penentu kesehatan. Karena apabila pikiran kita tidak sedang dalam keadaan bahagia, maka sistem imun tubuh kita otomatis menurun. Nah hal inilah yang membuat kita tiba tiba terserang penyakit dikala stres.

Oke, sedikit aja yang tips sehat dari aku. Nanti kita lanjutkan di blog lain setelah kegiatan ii. Okaaayy. Thank you. Kalian boleh share tips sehat versi kalian di kolom komentar yaaaa.

Uswatun Khasanah Katasmir

Post a Comment

15 Comments

  1. Yang 5 nampol banget ya.
    Bahagia, pikiran positif, insha Allah selalu sehat.
    Kalau air putih wajib banget buat saya, terutama air hangat.

    sayur dan buah juga favorit saya, sayangnya masih ketambahan cokelat hahaha
    Semoga 2019 nanti bisa beneran mengurangi jajan kurang sehat :)

    ReplyDelete
  2. CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar

    Yuk Buruan ikutan bermain di website CrownQQ
    Sekarang CROWNQQ Memiliki Game terbaru Dan Ternama loh...

    9 permainan :
    => Poker
    => Bandar Poker
    => Domino99
    => BandarQ
    => AduQ
    => Sakong
    => Capsa Susun
    => Bandar 66
    => Perang Baccarat (NEW GAME)

    => Bonus Refferal 20%
    => Bonus Turn Over 0,5%
    => Minimal Depo 20.000
    => Minimal WD 20.000
    => 100% Member Asli
    => Pelayanan DP & WD 24 jam
    => Livechat Kami 24 Jam Online
    => Bisa Dimainkan Di Hp Android
    => Di Layani Dengan 5 Bank Terbaik
    => 1 User ID 9 Permainan Menarik
    => Menyediakan deposit Via Pulsa

    Link Resmi CrownQQ:
    - crownaduq.com
    - crownaduq.net
    - crownaduq.org

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : CrownQQ
    Daftar CrownQQ : Poker Online
    Info CrownQQ : Kontakk
    Linktree : Agen Poker Online

    WHATSAPP : +6287771354805
    Line : CS_CROWNQQ
    Facebook : CrownQQ Official
    Kemenangan CrownQQ : Agen BandarQ

    ReplyDelete
  3. Directory For PlacesMarch 16, 2023 at 5:10 PM

    https://bit.ly/directory-for-places directory for Places is a great resource for travelers looking to discover hidden gems and off-the-beaten-path destinations. The platform features many lesser-known places that might not be on your radar, but are definitely worth exploring. Whether you're a seasoned traveler or a first-time visitor, you're sure to find something new and exciting on Directory for Places.
    A business guide provides information and guidance on various aspects of business management and ownership.

    ReplyDelete

  4. This way you can get a lot of information. Keep researching and reviewing.

    ReplyDelete