Abon Pepaya untuk para Vegetarian

Pasti belum banyak yang mendengar tentang Abon pepaya muda khas banyuwangi yang akan segera launching ini, tapi dijamin sekali makan pasti ketagihan. Rasanya yang lezat dan sehat. Abon ini juga cocok bagi kalian yang mengurangi protein dan kolesterol dari daging, tapi tetap ingin menikmati abon dengan sensasi serat dagingnya.

Sumber: Google
Bagi yang belum pernah mengerti, Abon itu apa. Jadi, Abon adalah makanan yang terbuat dari serat. Serat yang biasa digunakan dalam abon berupa serat daging ayam, sapi, atau daging hewan lainnya. Nah, bagi para vegetarian yang tidak bisa menikmati makanan hewani atau kaum muda yang ingin menikmati sensasi lain dalam abon maka abon dari serat buah ini solusinya. Bertepat didaerah banyuwangi, Rumah Tani Wangi berhasil membuat inovasi terbaru dengan membuat abon dari buah pepaya muda.

Pepaya Muda? Ngga pahit mbak?
Kalo kalian merasakan rasa abon pepaya ini, tidak ada satupun rasa yang menjelaskan bahwa ini adalah pepaya muda. Abon ini terasa seperti abon daging yang gurih. Tekstur dari abon pepaya muda hampir menyerupai kelapa yang dikeringkan – biasa kita sebut serundeng, dengan rasanya pedas bercampur asin ikan. Sumpah, pertama kali tau rasanya bahwa ini adalah pepaya tapi rame dimulut.

Dokumen Pribadi
Dikemasan terlihat bahwa abon ini dibuat dari pepaya muda, bawang putih, cabe, ketumbar, minyak nabati, garam dan gula. Lumayan kaget juga sih ketika melihat ada bawang putih di rangkaian komposisi ini. Karena rasanya justru lebih mirip abon ikan. Bukan amis, tapi asinnya itu terasa alami. Bukan dari garam yang biasanya langsung bikin kaget di lidah. Fyi, bagi yang tidak suka makanan dengan kandungan MSG jangan khawatir abon ini bebas MSG jadi lebih sehat untuk dikonsumsi.

Bagi yang kurang suka pedas seperti saya, mungkin ini akan sedikit pedas. Tapi, kalo dimakan sama nasi juga sudah tidak begitu terasa pedasnya. Dan, untuk yang pecinta pedas, mungkin ini akan butuh tambahan bubuk cabe. Karena ini pedasnya masih di taraf level saya yang mana level kepedasan saya masih lebih rendah daripada level pedas mulut manusia kebanyakan. Haha.

Dokumen Pribadi
Kenapa pepaya muda?
Sebelum tanya hal ini, kalian perlu tahu bahwa pepaya muda memiliki banyak manfaat. Seperti dilansir dalam laman Boldsky, Pepaya muda memiliki manfaat berikut ini:

  1. Menjaga pencernaan.
  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  3. Menyembuhkan konstipasi.
  4. Membersihkan usus.
  5. Meningkatkan produksi asi.
  6. Melindungi dari infeksi saluran kemih.
Bagi kalian yang vegetarian tapi masih ingin makan abon. Ini nih jawabannya. Abon Pepaya muda dari Banyuwangi. Bagi kalian juga yang ingin tau sensasi makan abon dari pepaya, boleh dicoba nih.

Bagi Kalian yang ingin menikmati Abon pepaya muda ini, boleh menghubungi Instagram Rumah Tani Wangi, harganya untuk 100gram abon hanya Rp. 16.000 saja. Murah kaaann? Buruaaan rasakan sensasinyaa.

Uswatun Khasanah Katasmir
Edited by Putry AMR

Post a Comment

8 Comments

  1. Waaah mbaaaa lgs pengeeen pesen akuuuu . Pepaya muda ato kates itu biasanya aku bikin rujak hahahaha. Di sini kalo pgn rujak kates susaaah. Rata2 pepayanya udh mateng. Aku jd tau kalo kates bisa dibikin abon. Kebayang sih enaknya :). Makan mentah gitu aja aku doyan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijamin enak,antara rasa daging, ikan dan kelapa.

      Delete
  2. wahh baru tau saya ada abon dari pepaya biasanya dari abon sapi atau babi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, coba dicoba bang. Ini abon ikan yang ga amis, ada ada rasa dagingnya juga. Tapi sehat.

      Delete
  3. wah malah abru tahu aku ada abon pepaya muda, jd penasaran rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh kak. Yang bilang makanan sehat itu gaenak, kali ini, enak.

      Delete
  4. pepaya dijadikan abon? benar-benar informasi baru buat saya nih, jadi penasaran pengen cobain rasanya kayak apa.

    ReplyDelete
  5. ya ampun, beneran saya baru tahu... jadi pengen mbak

    ReplyDelete